Shutterstock! Cara Mendapatkan Uang dari Hobby Foto atau Desain di Internet

shutterstock adalah Microstock yang memungkinkan Kita untuk menjual foto atau desain yang Kita miliki dan di bayar
Apa itu Shutterstock?Yuk pelajari cara menjadi kontributor Shutterstock disini!

halofandi.com - Sebelum Kita membas lebih lanjut mengenai hal ini baiknya Kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dinamakan Shutterstock, Shutterstock adalah salah satu microstock terbesar di dunia yang mana semua orang bisa berjualan aset digital berupa foto, logo, background, pattern, musik, video, ilustrasi atau masih banyak lagi lainya.


Simak tulisan Saya dibawah dengan runtut danseksama ya, biar Kalian ga bingung buat memulainya bagaimana.



Apa sih kelebihan Shutterstock?

Apa sih kelebihan kerja di Shutterstock?
Kelebihan Shutterstock/Sumber : Pixabay.com
Ada banyak kelebihan yang akan Kita dapatkan jika Kita fokus ke dalam dunia ini, salah satunya dalah gambar yang sudah terdownload masih bisa di download/dibeli orang lain (tanpa batas) kecuali pembeli menginginkan lisensi dari gambar yang sudah Kita punya maka Shutterstock akan otomatis menghapus gambar yang di beli, tentu harga yang di tawarkan berbeda, bisa ribuan dollar (jarang sekali).

Kelebihan lainya adalah jika Kita sudah memiliki banyak gambar dan bagus misal per bulan sudah bisa menghasilkan $500 maka hasil tersebut akan stabil di bulan-bulan berikutnya, atau hal tersebut bisa Kita sebut dengan apa yang dinamakan Passive Income. Tapi tentu melalui proses yang panjang dan semangat tinggi untuk mencapai penghasilan yang Kita inginkan.


Sebenarnya masih banyak kelebihan yang Kita dapatkan jika berkecimpung di dunia Microstock yang tak mungkin Saya sebutkan semuanya disini.



Berapa sih Shutterstock akan membayar Kita?

Berapa pendapatan / penghasilan dari Shutterstock yang akan Kita dapatkan
Shutterstock earning
Dari gambar tabel di atas tentu temen-temen semu bakal tau berapa Shutterstock akan membayar Kita, tabel di atas adalah harga untuk perdownload untuk pembeli subscriber (paling sering) maka Kita akan mendapat pada kolom $0.25 kebawah tergantung pencapain Kita, untuk pembeli On Demand (cukup sering) Kita akan mendapatkan bayaran pada kolom $1.88 kebawah.

Ada juga pembeli akan membayar lebih dari itu dari puluhan hingga ratusan dollar sekali download dengan lisensi yang berbeda lagi (kebutuhan cetak banyak dan komersil). Hal tersebut juga di pengaruhi oleh kwalitas gambar yang Kita upload, semakin bagus dan semakin banyak gambar yang Kita punya maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan download single/enhanced.



Cara daftar Shutterstock tanpa passport?

Kini Shutterstock memungkinkan mendaftar dan menjual aset Kita tanpa menggunakan passport. Berikut adalah hal yang harus di siapkan, sebelum Kita bisa menjual foto atau desain Kita ke Shuttersotck :

1. Email aktif

2. Foto KTP (Sekarang tidak perlu sih)
3. Beberapa file foto terbaik dengan format JPEG (minimal kamera 4MP) atau file EPS10 + JPEG untuk preview buat desain grafis berupa logo, background pattern, illustrasi atau lainya.
4. Silahkan mendaftar terlebih dahulu dengan klik gambar dibawah untuk menjadi Contributor di Shutterstock :


Cara Daftar Shutterstock dengan mudah tanpa passport


Langkah-langkah pendaftaran di Shutterstock!

Sebenarnya cukup mudah untuk mendaftar Shutterstock seperti mendaftar Facebook, Instagram atau sejenisnya, tapi bagi kalian yang masih bingung bisa kok ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Setelah anda klik gambar di atas tadi (link pendaftaran Shutterstock) maka tampilan pertama yang akan muncul adalah seperti gambar tersebut, isikan nama, mail dan password mu disitu ya, untuk diketahui password yang diterima adalah minimal 8 huruf, satu huruf besar, satu huruf kecil ataupun bisa di tambah dengan angka contoh nya seperti ini : Halofandi.com123


2. Setelah mengisi semua data silahkan centang "I certify that I am 18 or older bla bla bla.." kemudian klik tombol "NEXT"


3. Untuk selanjutnya temen-temen ikuti saja langkah berikutnya yaitu klik menu untuk UPLOAD IMAGE setelah temen-temen melakukan langkah ke 2, selanjutnya adalah mengupload gambar yang sudah di siapkan tadi.



Cara upload di shutterstock gimana ya?

Ini dia gimana Kita mengupload gambar foto atau desain Kita agar siap jual di Shutterstock dan di beli oleh calon pembeli :

1. Setelah anda mengklik tombol UPLOAD IMAGE silahkan pilih file SELECT MULTIPLE FILES yang sudah Anda siapkan tadi kemudian klik NEXT 

"Beberapa file foto terbaik dengan format JPEG (minimal kamera 4MP) atau file EPS10 + JPEG untuk preview buat desain grafis berupa logo, background pattern, illustrasi atau lainya."


2. Kemudian Silahkan isi deskripsi, keyword dan pilih kategori yang bersangkutan sesuai foto atau desain yang Kita upload, kemudian klik SUBMIT



Foto atau Desain apa yang Laku di Shutterstock?

Foto yang laku adalah foto yang di jual dan bagus, silahkan ikuti SHOT LIST yang diberikan oleh Shutterstock, tema tersebut merujuk foto yang paling laku pada bulan-bulan tersebut atau bisa kalian cek di m-rank.net untuk mengetahui apa-apa saja yang sedang trending.


Penutup

Semoga bisa menjadi manfaat bagi temen-temen ya, bisa sharing dan diskusi kok dengan Saya jika ingin berdiskusi dan belajar bareng mengenai dunia tersebut, silahkan hubungi Saya pada menu KONTAK pada website ini ya, via WhatsApp aja nanti Saya masukkan ke grup yang bersangkutan :) Salam!

Comments

  1. Terimakasih tutorial cara daftar shutterstock nya mas, ternyata hobby fotografi bisa menghasilkan uang/dollar.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih tutorial shutterstock nya, kebetulan hobby foto juga.

    ReplyDelete

Post a Comment