Sungguh Riba itu Menggodaku!

halofandi.com - Hai teman-teman, dalam artikel ini Saya hanya ingin curhat saja hehe. Jadi, kalimat-kalimatnya nanti kalau tidak baku jangan dikomen yah, huruf miring, besar kecil hurufnya dan laen laen wkwk. Mindset untuk tidak melakukakn hutang yang memiliki riba ini terbentuk karena lingkungan Saya selama ini yang mengajarkan arti kebesaran Tuhan.

Mungkin hal ini akan menimbulkan banyak kontra ke temen-temen semua yang memiliki pendapat yang berbeda, tetapi saling menghargai kepercayaan orang dihitung sebagai sebuah pahala, InsyaAllah. Yuk, langsung simak saja curhatan Fandi kali ini.

Alhamdulillah 1 bulan lebih jualan di marketplace online cukup lancar. Karena alokasi untuk usaha ini terbatas dan tiba-tiba salah 1 marketplace yang Saya jualan disana memberi fitur modal dengan bunga yang kata temen Fandi termasuk rendah untuk modal toko online Saya dimana penjualan per bulan mencapai minimal untuk mendapatkan fitur tersebut.

Sungguh riba itu menggodaku, ada 3 kemungkinan jalan yang Saya ambil untuk memajukan salah satu usaha yang sedang Saya jalani ini. Pertama, mengalokasikan usaha ini terlebih dahulu dan menunda sementara usaha Saya yang lainya. Kedua, mencari investor / pemodal dengan sistem bagi hasil dengan menunjukkan proposal kelangsungan usaha dengan surat pernyataan hitam di atas putih. Dan ketiga, ya ketiga adalah jadi untuk mengambil modal dengan bunga yang menurutku cukup besar tersebut.

Yang pertama mungkin cukup susah untuk di usik, freelance di dunia internet adalah salah hal yang ingin Saya berhasil di bidang tersebut, walau sekarang tidak terlalu idealis seperti beberapa tahun sebelum ada kendala, bubar dan ambyarrr haha. But, Alhamdulillah, insyaAllah ada hikmah dibalik itu semua.

Yang kedua kemungkinan besar yang akan Saya ambil, beberapa teman sudah Saya hubungi walaupun sampai sekarang masih belum ada yang deal dan malah minta diajarin jualan hehe but, no problem, insyaAllah menjadi pahala jariyah yang akan menutupi dosa-dosaku yang begitu banyak. Ada yang mau jadi pemodal? Nanti bagi hasil cincay dah wkwk

Yang ketiga, ya yang ketiga, dari awal mindset Saya terusik dengan progress penjualan, iklan, banyak yang ingin order tapi kehabisan stock huhu sungguh itu sangat menggoda mendapatkan fresh money yang cukup besar dengan cara yang mudah, tinggal klik-klik doang asli wkwk

Tapi kembali lagi, walau diri ini jauh dari kata baik, akan tetapi bertemu dengan orang yang memiliki mindset tersebut dimasalalu (temen-temen freelance) yang sukses dengan meninggalkan riba menjadi motivasi Saya tersendiri untuk melakukan hal yang sama walau Saya belum sesukses Mereka-mereka dan masih dalam tahapan merintis, malah minus banyak wkwk. Tapi ga boleh suudzon sama Allah ya Fan, jangan lagi risau akan rezekimu hari esok.

Ini hanya pendapat pribadi Saya ya yang bukan seorang ulama, menjadi pengingat diri untuk kedepanya tetap istiqomah dalam hal apapun mengenai riba, membeli rumah cash tanpa kredit 10 tahun atau bahkan 20 tahun dengan bunga yang begitu besar jika disubtitusi dengan dosa yang akan Kita dapatkan, membeli mobil cash tanpa kredit 3 tahun atau bahkan 5 tahun, insyaAllah ada keyakinan untuk mencapai itu semua dengan berbagai keadaan, pahit-manisnya hidup yang pernah Saya alami sampai sekarang di dunia yang Saya jalani ini.

Saya tidak akan menjelaskan apapun mengenai riba, silahkan baca dibawah ini saja ya Fan biar kedepanya Kamu tetap istiqomah dengan pendirian yang Kamu punya sekarang.

Riba itu ada tujuh puluh pintu dosa. Yang paling ringan adalah seperti seseorang menzinai ibu kandungnya sendiri.” (HR. Ibnu Majah, no. 2274. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

"Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)." (Al-Hud: 6)

"Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia pun mengerjakan kebaikan dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus?..." (An-Nisa: 125).

"Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu.” (Q.S Al Ghafir: 60)

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri." (Q. S Ar-Ra'd: 11)

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.” (Q. S Al Baqarah: 152)

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar."

"Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (Q.S Al Baqarah: 153).

Untuk lebih lengkapnya silahkan tanya ke guru, ulama dan ustadz Kalian masing-masing ya. Kalau Saya yang menafsirkan nanti jadinya kurang kuat hehe. Tulisan ini 100% hanya untuk mengingatkanku untuk tidak melakukan hutang, terlebih hutang yang ada bunga riba nya.

Terimakasih Tuhan sudah memberi Saya hidup sampai sekarang, mampukanlah hamba untuk membahagiakan kedua orang tua hamba, berikan hamba rezeki yang berkah untuk menggapai ridhomu, berikan hamba jodoh yang baik yang bertujuan untuk meraih ridho-Mu, jagalah hamba dari dosa-dosa yang akan membuat hamba berat di akhirat kelak.

Ampunilah kedua orang tua hamba, keluarga hamba, jagalah hamba dan keluarga hamba dari riba, satu hal yang menurut Saya adalah suatu bentuk penghianatan kepada-Mu yang disengaja, suatu hal dimana orang meragukan keesaan-Mu sebagai dzat yang maha pengasih dan penyayang, jagalah hamba selalu taat menjalani setiap kalam-Mu yang begitu sempurna tanpa cela, yang nyata melarang riba.

Semarang, 30 Juli 2021
Fandi Ahmad @halofandi

Komentar