3 Situs Penyedia Font 100% Gratis untuk Keperluan Komersil!

Source : Pixabay.com
halofandi.com -  Halo temen-temen, gimana kabar? Pada kesempatan ini Saya ingin berbagi mengenai penggunaan font yang Saya pakai selama ini untuk kebutuhan commercial seperti penggunaan untuk stock (Shutterstock, Adobe Stock, dll), preview, kontes logo dan lain sebagainya.

Masih banyak di antara Kita yang terkadang menggunakan font yang sebenarnya berbayar tetapi disengaja/tak disengaja menggunakan nya untuk kepentingan commercial padahal Kita belum membelinya.

Tak punya duit beli font? Haha. Jangan khawatir ya temen-temen. Banyak situs website penyedia font gratis untuk kebutuhan yang sudah disebutkan. Mungkin sebagian dari Kita sudah tau nama web-nya, akan tetapi mungkin ada pula yang masih kurang paham cara penggunaan yang tepat dan aman agar dilain hari tidak terjadi permasalahan mengenai lisensi atas pencomotan font tanpa memahaminya dengan benar.

Yuk, langsung simak saja ya, inilah beberapa situs penyedia font gratis yang menurut Saya memiliki kwalitas yang tak kalah bagus dibanding marketplace yang menjual font secara eksklusif, daftarnya sebagai berikut ya langsung simak aja :

1. Google Font

Salah satu situs yang bagus dan mudah digunakan tanpa harus filtrasi adalah situs yang dimiliki oleh Google ini. Google menyediakan ratusan font (ga Saya hitung juga sih) untuk digunakan oleh umum, Google juga meng-GRATIS-kan font-font tersebut untuk digunakan untuk kepentingan komersil (dijual)

*maksudnya dijual adalah berbentuk project, Kita ga boleh ngejual font mentahan nya ya haha kalau mau jualan font belajar dong! lu kira gampang bikin font wkwk

2. Dafont


Dafont adalah situs kedua yang Saya rekomendasikan sebagai situs yang memberikan font-font gratis yang begitu banyak. Lain hal dengan Google Font yang memberikan lisensi komersil dalam semua fontnya, dafont memiliki beberapa lisensi yang harus dipahami oleh user agar tepat dalam penggunaan.

Terus yang gratis mana Bro Fan? Banyak dong, dengan filtrasi yang disediaka oleh situs tersebut silahkan centang (100% Free) agar hasil font yang terlihat dapat digunakan untuk kebutuhan komersil.

Di Dafont sendiri banyak author font yang mengupload fontnya disini dengan berbagai macam lisensi yang harus Kita pahami agar tak salah pakai. Selain 100% Free, lisensi yang tersedia di Dafont diantaranya adalah : Demo, Personal Use, Donationware dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya bisa Kalian cari sendiri ya di web tersebut.

3. FontSquirrel

Tak kalan terkenal dengan Google Font ataupun Dafont, situs ini juga menyediakan berbagai macam jenis font untuk digunakan kepentingan komersil secara gratis.

Walaupun tak selengkap koleksi di Dafont, Fontsquirrel ini sama seperti Google Font dimana font yang ada disitus tersebut gratis digunakan untuk kepentingan komersil tanpa harus filtrasi terlebih dahulu.

Komentar